press release/siaran pers kirim ke rilis@berita2.com

berita2.com Kamis, 27 Juli 2017

You are here: Home Artikel Pumpunan

Pumpunan

Mengapa Orang Berjuang Untuk Bisa Mencium Hajar Aswad?

E-mail Cetak PDF

berita2.com: Lantai tiga Masjidil Haram, ba'da (setelah) Isya. Pusaran manusia mengelilingi Ka'bah. Kotak segi empat berselimut qiswah hitam dengan aksara Arab berbenang emas, melingkar, dekat puncaknya.

Makhluk terbaik dari semua penjuru dunia, yang tercantik dan yang tertampan, berkulit putih seperti susu, kemerah-merahan, kuning, cokelat, atau hitam, berkumpul di sini. Wajah mereka bercahaya karena tersapu air wudhu lima kali sehari semalam.

Tidak hanya yang terbaik, yang tua renta dan harus dipapah di kursi roda, bayi munggil, yang kuat dan gagah hingga yang lemah juga bertawaf di sini.

Sebagian mereka berpakaian putih. Mereka yang berumroh hanya mengenakan dua lembar kain putih tanpa jahitan, dililitkan di pinggang dan melintang di dada. Kaum perempuan menutup kepala, tubuh, kedua tangan hingga ke kaki.

Lantunan doa dipanjatkan, baik yang di verbalkan maupun rintihan tersembunyi di lubuk hati, di dada setiap jemaah. Ritual tawaf tak pernah henti, siang dan malam, panas dan dingin, seperti tawafnya planet pada bintangnya, galaksi pada semestanya, ion pada protonnya, berputar melawan arah jarum jam.

Jelang akhiir Juni, suhu mencapai 43 derajat, angin bertiup kencang menyayat kulit, memdihkan matah, tetapi langkah jemaah pada saat azan tiba tetap dan tanpa ragu, menembus cuaca yang tak bersahabat, memenuhi panggilan Allah shalat lima waktu dan tinggalkan urusan dunia.

Pusaran tawaf itu monoton adanya, namun pada sudut tertentu, di sudut hajar aswad (batu hitam) dekat Pintu Ka'bah terlihat sedikit kekacauan. Sejumlah jemaah berjuang untuk menciumnya.

Laki, perempuan, tua muda, sehat atau cacad, ingin mencium, atau minimal menjamahnya. Seorang askar berbaju cokelat kehijauan, berbaret hitam mencoba mengaturnya. Tangan kirinya memegang tali kain yang dikaitkan ke diding Ka'bah, tangan kan menghalau jemaah lain agar tak berlama-lama mencium sang batu hitam.

Pekerjaan yang melelahkan sebenarnya. Antrian sejajar sisi Ka'bah tak selalu sebaris. Dia bisa jadi dua hingga tiga. Mereka yang antri bisa dikategorikan sebagai orang sabar karena menanti dalam antrian. Tapi kesabaran tak selalu berbuah kemenangan. Setiap saat selalu ada yang tak sabar. Memotong antrian, mendesak, tak peduli pada perasaan. Kalimat, "sabar, ya al haj atau hajjah," berlalu seperti angin gurun.

Dalam kondisi begini, yang lemah, tua, anak-anak, cacat tak bisa berbuat apa-apa. Hajar aswad adalah batu hitam yang sempat dipertengkarkan kaum Quraisy jahiliyah. Mereka berebut, dan menyatakan sukunyalah yang paling berhak menempelkannya di sudut Ka'bah.

Sebelum pertengkaran itu memuncak, mereka bersepakat untuk menyerahkan urusan itu pada seseorang yang dapat dipercaya. Dia adalah Muhammad. Saat itu kaum Quraisy memilih Muhammad muda karena dia dapat dipercaya. Dia bergelar Al Amin di masa, artinya orang yang dapat dipercaya.

Muhammad meletakkan batu di selembar kain, dan setiap kabilah (suku) diminta memegang ujungnya, lalu secara bersamaan ditempelkan batu hitam itu di sudut Ka'bah. Lalu mengapa setiap kaum muslimin ingin menciumnya? Umar bin Chatab RA, sahabat Nabi Muhammad SAW, yang juga pemimpin Islam setelah Abu Bakar Asshidiq RA pernah mengatakan, dirinya mencium batu itu karena Nabi Muhammad SAW menciumnya.

Umar agaknya menggunakan logika. Sebuah batu tak lebih dari sekadar batu, sehingga tak layak untuk dicium setiap manusia. Namun sebagai pengikut setia dan selalu melakukan apa yang dicontohkan Nabi, maka dia menciumnya juga. Meski Nabi mencium Hajar Aswad, tetapi kegiatan itu tidak dimasukkan ke dalam rukun haji atau umroh.

Kini 14 abad kemudian, ketika Masjidi Haram banyak berubah, lebih luas dan modern, mencium hajar aswad ternyata tidak mudah bagi jemaah biasa.

Mantan Wakil Presiden Megawati (saat itu belum jadi Presiden) ketika Umroh pernah mendapat keistimewaan dalam mencium Hajar Aswad. Setelah tawaf tujuh kali, askar (para penjaga) membuat batas, memisahkan jemaah biasa yang sedang bertawaf dan rombongan Wakil Presiden RI.

Lokasi di depan Hajar Aswad dibersihkan dari jemaah biasa, lalu dengan leluasa Megawati dan rombongan mencium batu hitam yang diikat semacam tembaga putih itu. Sesungguhnya, askar dengan mudah mengatur agar tercipta antrian yang tertib sehingga yang lemah, perempuan, yang cacad dan anak-anak berkesempatan mencium hajar aswad.

Caranya,  membuat dua jalur antrian yang sejajar di sisi Ka'bah. Satu untuk pria, satu lagi untuk perempuan, anak-anak dan jemaah berkursi roda. Berbicara tetang kemampuan untuk mengatur ini, sebenarnya sudah terlihat pada hal yang sederhana hingga paling rumit di Masjidil Haram. Misalnya dalam mengatur agar air Zam-zam tetap terisi di tong-tong cokelat lalu meletakkanya di tempat-tempat yang mudah di jangkau di seputaran masjid itu.

Jemaah yang haus --kondisi ini sering mendera saat suhu mencapai 45 derajat di akhir Juni ini-- dapat melepas dahaganya. Kemampuan itu juga terlihat pada cara praktis, cepat singkat dalam membersihkan lantai masjid di saat jemaah berlalu lalang. Atau, lihatlah, bagaimana pemerintah Saudi Arabia mengelola 3 juta anggota jemaah haji setiap tahunnya, melayani dan memastikan mereka beribadah sebagaimana mestinya.

Malam ini, sekuen dari perjuangan mencium Hajar Aswad terulang lagi. Di sisi dinding Ka'bah sudah tensusun antrian, tiga meter menjelang target, antrian menjadi dua baris, seorang kakek menyisip dalam antrian pertama. Dua meter menjelang target antrian semakin rapat. Hajar aswad dikepung dari semua penjurunya. Dorong mendorong mulai terjadi.

Di sisi luar, seorang pemuda tampan mencoba antri di kursi roda elektriknya. Satu meter jelang Hajar Aswad dorong mendorong semakin kuat. Dada semakin sesak terhimpit badan dengan badan. Dari sisi paling luar serombongan pemuda tegap berpakaian ihram datang mendesak dengan lafal lailahailllalllah di mulutnya. Dari berlawanan arah kelompok perempuan berdesesakan ingin melakukan hal yang sama.

Seorang ibu berteriak histeris ingin agar dia didahulukan. Seorang pemuda, masih ihramnya, dengan gagah mencoba memotong dan berusaha menyingkirkan setiap orang di depannya. Dari luar, muncul teriakan berulang, dengan bahasa yang tidak dimengerti ke arah antrian baris pertama, sejumlah orang saling berpadangan. Hajar Aswad tinggal sejangkauan tangan.

Antrian dipaksa dibelah, orang tua tadi sudah lemah. Dia ditarik keluar dengan susah payah. Mukanya pucat, dada sesak. Beruntung dia masih selamat lalu dipapah oleh kerabatnya. Kejadian itu hanya beberapa belas detik, konsentrasi jemaah kembali ke batu hitam, bagaimana caranya agar bisa menciumnya, atau minimal menjamah.

Pilihan terakhir agaknya lebih rasional, ketika setiap orang di sekitar batu mulai menunjukkan egonya, tak peduli bahwa orang di sebelahnya adalah muslim muslimah dimana mereka dipertautkan oleh tali persaudaraan sebagai orang yang seiman.

Berdesakan, mendorong, berteriak tak pantas di rumah Allah. Itu tak hanya sebagian pria, kaum wanita juga. Pemuda tampan berkursi roda hanya mampu melihat dan khawatir dirinya pun bisa seperti orang tua tadi. Cara yang aman adalah meninggalkan lokasi Hajar Aswad sambil berharap, suatu saat nanti, ketika jumlah yang tawaf sedikit dia akan mencium batu yang dicium Nabi panutannya.

Atau, mungkin dia berharap akan ada jalur khusus bagi dirinya, dan orang yang lemah lainnya, kaum wanita dan anak-anak, untuk bisa mencium dengan leluasa. Bisa juga dia berharap, kaum muslimin menunjukkan moralitas dan sikap yang terpuji, seperti yang diajarkan Nabi, yakni mendahului yang lemah, mengasihi anak-anak, menghormati wanita, dan mendahului yang tua, serta membantu yang cacad, mencium hajar aswad.

Seperti dilansir antaranews.com, budaya itu (budaya antri)  sebenarnya sudah banyak di lakukan di tempat-tempat umum, di sejumlah negara maju. Mereka tidak membicarakannya, tetapi mempraktiknya.

Mengenal Penjaga Masjid Tempat Doa Selalu Dikabulkan Allah

E-mail Cetak PDF

berita2.com: Panas menyengat, tidak hanya pada sinar matahari tetapi juga angin yang berhembus, membuat perih di kulit, juga di mata. Dikabarkan suhu kota Madinah bisa mencapai 40 derajat celcius di siang hari.

Tapi, lihatlah, panas itu tidak menghentikan kaum muslimin mendatangi Masjid Nabawi. Masjid terbesar di kota kurma yang dalam satu dekade ini terus mengalami perluasan karena ada program pelebaran di sisi kiri arah kiblat.

Masjid yang semula hanya sebuah bangunan kecil, di sebelah rumah Rasulullah Muhammad SAW setelah hijrah ke Yastrib (Madinah) itu mengalami perluasan berulang kali. Petak kecil, awal mula masjid kini ditandai dengan karpet hijau lumut muda bercorak bunga. Tempat ini menjadi tempat favorit bagi jemaah umroh dari berbagai negara. Tempat itu bernama Raudah.

Diyakini siapa yarg berdoa di tempat ini, insyaallah, akan dikabulkan Allah. Oleh karena itu tidak sedikit jemaah yang ingin shalat, berdoa dan menyatakan penyesalannya serta berjanji akan menjadi muslim yang baik ke depan. Tidak hanya itu, doa juga dipanjatkan untuk sanak keluarga, kerabat, handai tolan, usaha, karier, dan mohon barokah bagi umat muslim lainnya.

Di sebelah kiri Raudah (arah kiblat) terdapat makam Nabi Muhammad beserta dua sahabat dekatnya, yakni Abu Bakar Ashiddiq dan Umar bin Khatab. Dahulu ini adalah rumah Nabi bersama Aisyah (putri Abu Bakar).

Setelah Nabi berpulang, Abu Bakar ingin dikuburkan dekat dengan orang yang sangat dicintainya, Muhammad, maka dua sahabat itu dimakamkan berdekatan, dalam rumah Siti Aisyah.

Menjelang ajalnya tiba, Umar (Amirul Mukminim) meminta ijin kepada Aisyah agar dibolehkan dimakamkan dekat dua sahabatnya, Nabi Muhammad dan Abu Bakar. Tempat yang semulanya diperuntukan Aisyah bagi dirinya, direlakan untuk jasad Umar.

Kini makam tersebut ramai diziarahi oleh jemaah Masjid Nabawi. Makam dan Raudah kini menjadi petak kecil diantara kolom-kolom masive masjid nabi. Petugas keamanan berseragam hijau kecoklat-coklatan, bersama petugas berbaju gamis mengatur agar setiap jemaah mendapat kesempatan shalat dan berdoa di Raudah, juga melintas di depan makam untuk sekadar mengucapkan salam. Masjid yang terasa seluas lapangan sepak bola itu membutuhkan penjaga untuk merawatnya. Dari sekian ratus perawatnya, sekitar 150 di antaranya adalah tenaga kerja Indonesia ((TKI).

Seperti dilansir antaranews.com, mereka menjaga agar masjid berlangit-langit indah dengan kolom melengkung dan berhiasan corak bersepuh emas itu tetap bersih, Al Qur'an tertata kembali setelah dibaca dan air zam-zam di tong-tong bundar berwarna coklat tetap terisi.

Usman (40) adalah satu diantara seratusan TKI yang bekerja di masjid yang kubah aslinya berwarna hijau itu. Dia bertugas menjaga agar air zam-zam selalu tersedia.

Pria beranak dua remaja itu berasal dari Pandegalang, Banten, itu mengenakan seragam hijau tua, bertopi haji, kumis dicukur dan janggut tipis tertata rapih. Sudah tiga tahun dia bekerja di Masjid Nabawi. Dikatakan ringan, kerjanya cukup berat karena harus mangangkat dan mengatur tong-tong air zam-zam tetap terisi. Sukanya, dia sudah berhaji dua kali.

Ini adalah kontraknya kedua. Dia ingin berhenti bekerja di Saudi tiga tahun lagi. Masa itu dinilainya cukup untuk mengajak keluarganya berhaji. Upah yang diterimanya 529 real. Satu real sekitar Rp2500.

Lain lagi dengan Mastur Husin (23). Pria berwajah "baby" itu hanya tamatan tsanawiyah salafi (sekolah pesantren non kelas). Dia juga sudah tiga tahun bekerja di masjid bertenda indah kiri, kanan dan belakang halamannya itu. Dia seangkatan dengan Usman, tetapi lain pekerjaan. Husin bertugas membersihkan lantai jika air zam-zam yang diminum jemaah berceceran. Ditangannya selalu tergenggam tongkat pel untuk membersihkan lantai.

Masa yang sulit dalam bekerja, menurut pria berpostur kecil dan kulit kuning kemerah-merahan itu, adalah saat shalat tarawih, di bulan Ramadhan. Cobaannya, jika ada jemaah shalat (biasanya orang tua) terkencing atau muntah karena ayat yang dibaca panjang-panjang. Biasanya imam shalat tarawih ingin di akhir Ramadhan semua surah Al Qur'an tuntas dibaca.

Husein dan teman-temannya harus segera membersihkannya. Karpet tempat shalat harus segera diganti saat itu juga. Itu pula alasannya, dia dan petugas lainnya tidak boleh ikut shalat tarawih bersamaan karena harus melayani jemaah yang bermasalah tertsebut.

Sukanya, namanya cukup tenar di kampung karena termasuk orang yang beruntung melayani Masjid Nabawi. Secara materi gaji diterimanya sama dengan yang lainnya. Bekerja setahun dengan tiga tahun, sama upahnyan Rp529 real perbulan. Meski demikian, dia optimis bisa membiayai kedua orang tuanya berhaji. Husein menyatakan baru berhenti bekerja jika kedua orang tua sudah menunaikan ibadah haji.

TKI lainnya adalah Aiman (31) asal Warung Konang, Cianjur, Jawa Barat. Bapak dari seorang anak (4 tahun) itu sebelumnya bekerja di Mesjid Quba selama empat bulan, kemudian dipindahkan ke Masjid Nabawi. Bulan ini adalah bulan ketiga, Aiman bekerja di Masjid Nabawi. Tugasnya relatif sederhana, mengembalikan Al Qur'an yang dibaca jemaah ke tempatnya semula.

Seperti, Husein, Aiman juga  hanya tamat SD. Dia memuji Ibu Wiwied, pemilik PT Tipar Atmanko yang tidak pilih pilih latar belakang pendidikan calon TKI-nya. Menurut Aiman, Wiwied lebih memilih tekad bekerja dan ingin maju daripada pendidikan formal yang dimiliki calon TKI-nya.

Tugas Aiman terkesan sederhana, karena hanya menata Al Qur'an yang bertserakan setelah dibaca jemaah. Namun dalam kontes ibadah, membaca kitab suci di Masjid Nabawi sangat dianjur selama di dalamid. Karena itu, mendapatkan Al Qur'an pada tempatnya sangat membantu jemaah. Pada praktiknya, sebagian besar jemaah masjid membaca Al Qur'an saat menanti shalat fardhu atau setelahnya.

Ketua Himpunan Pengusaha Jasa TKI (Himsataki) Yunus M Yamani mengatakan sudah sejak lama PT Tipar Atmanko yang memasok TKI untuk keperluan Masjid Nabawi, dan kebutuhan lainnya, temasuk tenaga kerja hotel dan restauran. Khusus, untuk kebutuhan Masjid Nabawi, Yunus membei apresiasida PT Tipar. Semakin banyak orang Indonesia yang melayani jemaah di masjid itu akan lebih baik karena akan mengharumkan nama Indonesia.

Masjid yang dikunjungi jemaah dari banyak negara dirawat dan dijaga selama 24 jam oleh orang Indonesia. Hari masih gelap ketika azan subuh pertama berkumandang pada pukul 03.00 dini hari. Jemaah masjid mulai berdatangan dari segala penjuru.

Kantuk yang menggantung di kelopak mata terasa hilang ketika udara hangat musim panas menerpa wajah. Shalat subuh lebih baik dari pada tidur terlihat wujudnya di masjid luas serasa lapangan sepak bola itu. Ketika takbir pertama tanda shalat subuh dimulai, saf-saf panjang, berbaris hingga ke belakang terisi penuh. Jemaah ingin mengejar sorga seperti yang dikabar Rasulullah Muhammad SAW sekitar 1400-an tahun lalu. Jika masjid itu terawad, bersih dan nyaman, ada andil tenaga kerja Indonesia di dalamnya. Mereka adalah perawat dan penjaga Rumah Allah yang sesungguhnya.

Osama Bin Laden: Hanyalah Secercah Cahaya Pembimbing

E-mail Cetak PDF
Jakarta, (berita2.com):  Tak peduli seberapa keras Amerika Serikat berusaha mengembangkan perangnya melawan Al-Qaida, banyak ahli memperingatkan sasaran utamanya, Osama bin Laden, malah telah menjadi lambang yang kemusnahannya takkan merusak jaringannya.

Tokoh kelahiran Arab Saudi yang dijadikan momok oleh AS itu dan kini berusia 50-an tahun serta didesas-desuskan berada dalam kondisi kesehatan yang buruk adalah orang yang paling dicari di dunia dengan hadiah 25 juta dolar AS berada di kepalanya.

Namun keberadaan tokoh itu tak pernah jelas dan selalu menjadi perdebatan.

Fakta yang tak bisa dibantah ialah ia berada di luar jangkauan di pegunungan di perbatasan Afghanistan-Pakistan, yang dikatakan Washington menjadi tempat perlindungan utama Al-Qaida. Tempat tersebut dipenuhi anggota faksi santri Taliban dan anggota suku yang sangat bermusuhan dengan orang luar, demikian laporan kantor berita Prancis, AFP.

Jenderal Stanley McChrystal, komandan yang mengawasi penambahan tentara AS dan NATO di Afghanistan, pernah memperingatkan keberhasilan mencomot Osama bin Laden takkan memusnahkan Al-Qaida.

"Saya percaya ia adalah tokoh yang menjadi lambang pada tahap ini, yang kelangsungan hidupnya memberi semangat kepada Al-Qaida sebagai organisasi yang tersebar luas di seluruh dunia," kata McChrystal pekan ketiga Desember, sebagaimana dilaporkan AFP.

"Menangkap atau membunuh dia takkan membuat kalah Al-Qaida, tapi saya kira kita pada akhirnya takkan dapat mengalahkan Al-Qaida sampai ia ditangkap atau dibunuh," kata McChrystal.

Banyak ahli percaya, Osama kini "hanyalah secercah cahaya pembimbing" bagi sel gerilyawan Muslim yang beroperasi di seluruh dunia.

"Ayman Az-Zawahiri lebih menjadi sasaran hari ini --orang nomor satu yang sesungguhnya di jaringan itu, yang lebih aktif dan paling keras," kata seorang pejabat kontra-terorisme Barat kepada AFP.

Pemerintah Pakistan menyatakan, satu rudal CIA meleset dari Az-Zawahiri, tokoh kelahiran Mesir yang menjadi lambang ideologi Al-Qaida, pada Januari 2006 di Bajaur, sabuk suku semi-otonomi di dekat perbatasan Afghanistan. Sejak itu, ia menghilang.

Ahli antropologi Scott Atran, yang menulis di The New York Times, mengatakan, Osama dan jaringannya tidak secara langsung mengomandani serangan yang berhasil di Amerika Serikat atau Eropa sejak 11 September 2001.

"Serbuan Amerika ke Afghanistan memporak-porandakan inti personil tingkat tinggi Al-Qaida dan kamp pelatihannya," tulis ahli antropologi tersebut.

"Ancaman sesungguhnya ialah pemuda yang tumbuh di dalam negeri mereka dan mendapat inspirasi dari Osama bin laden, tapi selain itu dari instalasi pelatihan yang masih mendapat sumbangan dana dari Al-Qaida, kendati jaringan itu mengalami kemerosotan finansial," katanya.

Di bawah Presiden Barack Obama, Amerika serikat telah meningkatkan serangan pesawat tanpa awak terhadap orang-orang yang diduga sebagai anggota Taliban dan Al-Qaida di daerah sabuk suku Pakistan.

Penasehat Keamanan Nasional Amerika James Jones percaya Osama berada di satu tempat di sekitar wilayah Waziristan Utara, Pakistan, "kadangkala di wilayah perbatasan Pakistan, kadang-kala di wilayah perbatasan Afghanistan".

Perbatasan tersebut merupakan sebagian daerah terjal yang paling sulit ditembus di dunia, dengan pegunungan yang menjulang tinggi, lembah curam, jurang sempit, dan jaringan gua.

Tempat itu dipandang sebagai "lubang hitam" yang sesungguhnya, tempat agen intelijen Barat dan Pakistan tak memiliki akses sama sekali, kata pejabat Barat tersebut.

"Keselamatannya terletak pada campuran cinta yang mendalam, sikap tak acuh di kalangan warga suku yang terputus dari dunia luar, dan teror sejati, yang tampaknya berada di daerah yang tak dapat ditembus dan sepenuhnya berada di dalam kekuasaan Al-Qaida," katanya.

"Ada lembah yang sangat sempit, terutama di Waziristan, sehingga serangan pesawat tanpa awak tak mungkin dilancarkan karena pesawat tersebut tak dapat menembak secara vertikal," kata pejabat itu.

Seorang pejabat senior kontra-terorisme Pakistan, menurut AFP, mengatakan, sabuk suku "dikenal dengan baik oleh Osama dan pengikutnya".

"Daerah itu tak bisa dimasuki oleh agen intelijen," kata pejabat tersebut kepada AFP.

Pada September, Osama muncul --meskipun hanya dalam bentuk gambar tak bergerak-- di satu video yang disiarkan oleh Al-Qaida pada sekitar peringatan kedelapan serangan 11 september dan dimaksudkan untuk menyeru pemerintah Amerika memikirkan kembali kebijakan mereka.

Osama sangat berhati-hati mengenai keamanannya; ia tak bertemu dengan orang dan tak banyak bergerak; kata Rahimullah Yusufzai, satu dari sedikit wartawan yang telah mewawancarai Osama bin Laden sebanyak dua kali pada 1998 di Afghanistan.

"Ia tak menggunakan mesin faksimil, telefon, telefon genggam atau yang lain. Pengikutnya sangat setia," kata koresponden Pakistan itu.

Pemimpin Al-Qaida tersebut dilindungi oleh lingkaran dalamnya dan jaringan yang lebih luas. Peringatan dalam bentuk video seringkali diedarkan kepada anggota lain jaringan itu, kata beberapa pejabat Pakistan.

Lewat delapan tahun sejak pemboman di jantung negara Amerika, Osama bin Laden tetap menjadi momok bagi negara adidaya tersebut...

(*M "iron" M*)

Tenis Meja "Merah Putih" Berkibar Setengah Tiang

E-mail Cetak PDF
Vientiane, (berita2.com):  Latihan sekitar enam bulan di China, serta gaji sebesar 10.000 dolar AS (sekitar Rp94 juta) setiap bulan untuk membayar pelatih asing, menguap tidak berbekas karena tim tenis meja Indonesia hanya mampu membawa pulang satu medali perunggu dari ajang SEA Games 209 Laos.

Tenis meja Indonesia pun berkabung karena inilah hasil terburuk yang pernah dialami sepanjang sejarah keikutsertaan di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara itu.

Padahal Indonesia pernah begitu digdaya di SEA Games dan prestasi fenomenal pernah dicapai Rossy Pratiwi dan kawan-kawan ketika menyapu bersih seluruh tujuh emas di Singapura pada 1993.

"Ya, memang ini adalah hasil terburuk yang pernah dialami Indonesia, saya harus akui itu. Dan untuk itu kami siap untuk diadili sesampai di Tanah Air," kata manajer Tonny Meringgi dan pelatih Ismu Harianto yang ditemui di Komplek Olahraga Universitas Nasional, tempat penyelenggaraan cabang olahraga itu.

Medali perunggu semata wayang tersebut diraih oleh beregu putra yang di semifinal dihentikan oleh Thailand.

Di SEA Games dua tahun lalu di Nakhon Ratchasima, Indonesia masih mampu membawa pulang perak melalui ganda putra M. Hussein/Reno Handoyo.

Di saat Indonesia terkulai, peningkatan pesat justru diperlihatkan oleh Vietnam yang selama ini tidak mempunyai tradisi emas. Semangat pantang menyerah dan motivasi tinggi membuat ganda putra berhasil meraih medali emas untuk menggagalkan ambisi sapu bersih Singapura.

Hebatnya lagi, ganda putra mereka Doan Kin Quoc/Dinh Qung Linh dan Tran Tuan Quynh/Nguyen Nam Hai mencipta final sesama Vietnam setelah membabat pasangan Singapura yang sudah mempunyai peringkat dunia, yaitu Gao Ning/Yang Zi dan Cai Xiaoli/Pang Xue Jie.

Sekarang peta kekuatan pun berubah karena Indonesia yang selama ini hanya memperhitungkan Singapura sebagai lawan terberat, juga tidak akan bisa menganggap enteng Vietnam, yang diam-diam membangun kekuatan untuk menjelma menjadi raksasa Asia Tenggara bersama Thailand.

Dibalik kegagalan Indonesia di SEA Games 2009 Laos, yang menjadi pertanyaan banyak pihak adalah, apa saja yang dilakukan lima atlet yang sengaja dikirim ke China untuk berlatih, yaitu Ficky Supit, Gilang Maulana, Noor Azizah, Silir Rovani dan Muhammad Hussein.

"Saya tidak tahu apa program mereka selama latihan di China karena saya tidak kesana dan yang dikirim hanya atlet tanpa didampingi pelatih Indonesia untuk mengawasi," kata Tonny yang mantan atlet tenis meja nasional itu.

Tonny juga tidak bisa menjawab ketika ditanya mengapa PTMSI mengulangi hal yang sama seperti saat menghadapi Asian Games 206 di Doha.

Ketika itu, tim tenis meja juga berlatih di China, tapi akhirnya batal diberangkatkan ke Doha setelah menyadari bahwa para atlet tidak akan bisa mencapai hasil yang diharapkan.

Dari pengakuan beberapa atlet waktu itu, termasuk atlet senior David Jacobs dan atlet putri Christine, mereka diprogram latihan seperti atlet pemula tanpa pernah mengikuti kompetisi sebagai ujicoba.

"Saya tidak tahu mengapa hal itu diulangi lagi. Itu keputusan PB PTMSI," kata Tonny yang mengaku merasa malu dengan kejadian saat persiapan ke Asian Games 2006 Doha tersebut.

Banyak Faktor

Sementara itu pelatih Ismu mengakui bahwa banyak faktor yang membuat prestasi Indonesia terpuruk dan faktor tersebut saling berkaitan.

"Dari segi teknik permainan, sebenarnya Indonesia dan Vietnam hampir memiliki kualitas yang sama. Hanya saja, atlet seperti Vietnam lebih unggul dengan pengalaman bertanding dan didukung pula oleh semangat juang yang luar biasa," kata Ismu mencoba mencari perbandingan.

Menurut Ismu yang pernah tampil di Olimpiade, latihan di China selama bertahun-tahun dan ditangani pelatih asing pun bakal sia-sia jika tidak pernah mengikuti turnamen internasional.

"Bukan latihan di China dan pelatih asing yang dibutuhkan oleh atlet untuk mengasah kemampuan, tapi kompetisi di tingkat yang lebih tinggi agar mereka terbiasa dengan suasana pertandingan. Yang membedakan atlet kelas dunia dengan atlet Indonesia adalah kemampuan dalam mengatasi keadaan saat berada dalam angka kritis," kata Ismu.

Sejak awal, Ismu mengakui bahwa ia sudah melihat gelagat yang tidak baik pada saat persiapan. Ia yang sebenarnya fokus sebagai pelatih putra, justru kemudian juga diminta untuk melatih tim putri.

Ceria Nilasari, atlet paling senior di kelompok putri yang pada awalnya ditugaskan sebagai pelatih, malah akhirnya terpaksa berlaga lagi dengan alasan untuk mengangkat moral pemain-pemain muda seperti Yudha Ngesti Pratiwi, Widya Wulansari dan Noor Azizah.

Hasilnya, di pertandingan beregu putri, Indonesia dibabat habis oleh Thailand, Malaysia dan Myanmar dengan skor telak 0-3.

Sementara itu Tonny Meringgi lebih banyak menyoroti hal-hal yang lebih bersifat non-teknis, seperti petinggi PB PTSMI yang juga ikut campur dalam menentukan pemain yang akan dikirim.

"Biarkan pelatih yang menentukan pemain yang akan dipilih karena merekalah yang lebih mengerti kemampuan pemain. Tapi yang terjadi justru sebaliknya," kata Tonny.

Tony juga mengaku tidak mengerti dengan pola pikir pelatih asal China Liu Gudong tiba-tiba mencoret program ke kejuaraan Asia di India pada Oktober lalu, padahal kejuaraan tersebut tidak saja penting sebagai uji coba, tapi juga untuk menjaga pergaulan Indonesia di tingkat Asia.

"Akibatnya, kita malah dapat peringatan dari federasi tenis meja Asia Tenggara karena tidak mengirim wakil kesana. Alasan pelatih, kejuaraan itu waktunya terlalu dekat dengan SEA Games," katanya.

Untuk menyelamatkan tenis meja nasional, Tonny dan Ismu berharap agar semua pihak usai SEA Games 2009 duduk bersama untuk melakukan evaluasi tanpa harus saling menyalahkan dan masing-masing menjalankan tugas sesuai dengan peran masing-masing...

(*M "iron" M*)

Berlusconi: Antara Bola dan Sex

E-mail Cetak PDF
Jakarta, (berita2.com):  Raibnya dua gigi, retaknya batang hidung dan derasnya kucuran darah menghiasi wajah Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi. Jepretan Mat Kodak mengabadikan mulut bos AC Milan itu sebagai sosok teraniaya dari mereka yang gemar mengumbar dua laga dunia berlabel "gila-gilaan", yakni seks dan bola.

AC Milan tergetar oleh dua duka. Yang pertama, dikalahkan 0-2 dari Palermo dalam Serie A; yang kedua, bos besar dilempar patung replika katedral, Minggu (13/12) oleh pria pengidap sakit jiwa. Berlusconi menggenapi ungkapan satir(e) bahwa sekali pukulan terhunjam, dua sasaran terjengkang.

Baik AC Milan maupun Berlusconi terkena imbas dari kata "satir". Dalam kisah Yunani dan Romawi Purba, satir artinya makhluk berwujud setengah manusia setengah binatang, yang konon suka minum anggur dan suka wanita. Satir juga bermakna lelaki yang tidak dapat mengendalikan nafsu birahinya. Berlusconi mengidap virus satir!

Ketika meminjam artikulasi film-film Indonesia, Berlusconi agaknya sedang meniti dua kata bernuasa syur: surga dunia. Weleh...weleh, dalam fragmen apa Berlusconi dibuai iming-iming seks, dibelai pesona bola?

Di arena Serie A, popularitas Berlusconi sedang kedodoran. Dia mulai menuai selaksa kecaman dari suporter AC Milan. Milanisti mendesaknya agar melego klubnya itu ke pemodal yang mau bersungguh-sungguh menginvestasikan uangnya. Pemilik dan Presiden AC Milan itu menegaskan, dia tak akan menjual klub itu. Sebab, Milan sedang dirundung skandal cinta, bukan skandal ekonomi.

Dengan nada bicara satire, ia mengatakan, "Menjual Milan? Tidak! Kami tak pernah mempertimbangkan hal itu. Klub ini berhubungan dengan kasih sayang, bukan ekonomi". "Tak seorang pun (di Milan) yang berbicara tentang penjualan klub. Ini semua karangan media massa. Saya bisa menegaskan hal ini atas nama klub," tegasnya.

AC Milan kini mengidap defisit harga diri. Mantan Pelatih Rossoneri, Alberto Zaccheroni memvonis bahwa performa buram dari mantan klubnya itu tak luput dari raibnya tiga pilar utama, yaitu Ricardo Kaka, Carlo Ancelotti, dan Paolo Maldini. Tidak bisa dipungkiri, tiga pentolan itu tampil sebagai ikon yang membuat Milan mampu membusungkan dada di hadapan seteru lawasnya, Juventus dan Inter Milan.

Atmosfer diperburuk dengan lambannya reaksi manajemen Milan di ajang bursa transfer. Alasan krisis keuangan yang dinyatakan Berlusconi membuat para punggawa semakin mempertanyakan kesungguhan manajemen. "Il Diavolo" ketar-ketir ketika Inter Milan dan Juventus mendatangkan pemain-pemain jempolan, sebut saja Samuel Eto`o, Wesley Sneijder, Felipe Melo dan Diego.

Di satu sisi, manajemen Inter boleh lamban panas; di lain sisi, libido seksual dari taipan media Italia berusia 73 tahun itu terus mendidih. Wanita penghibur, Patrizia D?Addario membeberkan rahasia ranjang Berlusconi dalam buku berjudul Gradisca, Presidente atau Take Your Pleasure, Prime Minister. Ditulis bahwa ada 20 model-model ranum dan seksi.

?Gadis-gadis lain kemudian datang, termasuk di antaranya pasangan lesbian dan perempuan penghibur. Setelah sepuluh menit, Perdana Menteri pun datang. Ia menyapa setiap orang, sebagian sudah mengenalnya dengan baik dan menciumnya,? kenang Patrizia. ?Sebagai gadis penghibur, saya telah mengalami banyak hal. Namun tidak seperti ini, 20 perempuan dengan satu laki-laki?.

Ujung-ujungnya, sejak April lalu, nama Berlusconi semakin tercoreng karena terlilit skandal dengan wanita-wanita muda, termasuk dengan pelacur anak berusia 18 tahun yang menyapa Berlusconi sebagai ?daddy?. Istrinya, Veronica Lario menuntut cerai setelah keduanya mengarungi bahtera perkawinan selama selama 20 tahun.

Berlusconi sedang menjalani pencobaan dari spiritualisme bola yang menuntut kebeningan, kejernihan dan kemerdekaan suara hati untuk membenahi AC Milan. Formulanya, terbebas dari rasa bimbang, terbebas dari rasa kacau dan terbebas dari kecemasan dan kekacauan batin.

Bos AC Milan itu menghadapi pertanyaan, apakah dalam kebimbangan seseorang harus bertindak? Jika ia sungguh bimbang, maka ia tidak harus berbuat apa pun. Jika ia bertindak atas dasar suara hati yang bimbang, maka tanggung jawab atas perbuatannya itu harus dipikul Berlusconi sendiri.

Jika Berlusconi mengalami kecemasan batin tidak beralasan (skrupulus), maka ia memerlukan arahan yang jelas dan arahan yang teguh. Secara psikologis, skrupulusitas seseorang muncul dari rasa takut tersembunyi karena adanya tekanan dalam diri orang itu.

Celakanya, hampir dapat dipastikan bahwa umumnya orang skrupulus menyerahkan pengambilan keputusan kepada orang lain, sebab orang jenis ini tak mampu mengambil keputusan berdasarkan suara hati yang jelas dan bernas. Inilah inflasi suara hati yang dialami Berlusconi.

Di hadapan spiritualisme seks, bagaimana sepak terjang Berlusconi? Di satu pihak, seks sejak zaman batu memang sudah sangat "nyeleneh". Di lain pihak, seks adalah keseluruhan proses perkembangan manusia sejak lahir sampai menapaki jenjang manusia dewasa. Karena itu, seks bersifat sangat spiritual karena memuat fungsi prokreasi, bukan semata-mata rekreasi. Ini yang dilupakan anak manusia bernama Berlusconi.

?Saya bermimpi Berlusconi masuk penjara,? demikian massa demonstran bernyanyi bersahut-sahutan saat berjalan kaki berkilo-kilometer dari Termini, stasiun kereta api utama Roma, menuju lapangan di depan Basilika Santo Yohanes...

(*M "iron" M*)

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

BALI

Panglima TNI beri pengarahan prajurit TNI di Bali

News image

berita-beritadotcom: Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko di dampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Torry Johar Banguntoro memberikan pengarahan kepada 2.360 Prajurit TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara serta PNS se-wilayah Garnisun Bali, di GOR Praja Raksaka Kodam IX/Udayana, Kamis (28/5/2015).   Panglima TNI dalam pengarahannya menyampaikan hal-hal mendasar supaya dilaksanakan dengan baik oleh Prajurit TNI dan PNS TNI, yaitu jangan ada prajurit ya...

Selanjutnya

Banten

Politikus PDIP pakai plat nomor palsu

berita-beritadotcom (Cilegon, Banten): Suhemi, anggota DPRD Cilegon ditilang Satlantas Polres Cilegon, Jumat (31/1/2014) malam. Politikus dari PDIP itu kena tilang lantaran diduga memakai plat kendaraan palsu atau bukan keluaran dari kepolisian. Demikian disiarkan Divisi Humas Polri"Dia menggunakan plat nomor palsu atau bukan keluaran dari Lantas, ya kita tilang. Untuk sementara STNK mobilnya kita amankan sebagai bukti pelanggaranya," ujar salah seorang ...

Selanjutnya

Jawa Timur

Bupati Madiun Imbau Masyarakat Agar Dukung Tax Amnesty

berita-beritadotcom: Bupati Madiun, Jawa Timur, H Muhtarom, mengimbau kepada masyarakatg untuk mendukung program pemerintah berupa pengampunan pajak atau Tax Amnesty. Karena hal tersebut berkaitan dengan perekonomian negera dan kemakmuran rakyat. Bupati Madiun H Muhtarom, mengatakan, karena hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak yang telah disah 1 Juli lalu, masyarakat harus mengefektifkan pajak. Karena pendapat ne...

Selanjutnya

Jawa Barat

LHE AKIP diserahkan, Bandung sabet nilai A

berita-beritadotcom Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP). Kegiatan yang merupakan putaran keempat ini dilakukan penyerahan kepada 156 pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Dengan memperbaiki akuntabiltas kinerja instansi pemerintah berarti memperbaiki Indonesia.   Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi, memberikan apresiasi ...

Selanjutnya

Gorontalo

Anggota DPRD Gorontalo terlibat narkoba, Jaksa tuntut rehabilitasi

berita2.com (Jakarta): Anggota DPRD Gorontalo,Yamin Akuba terlibat menggunakan sabu seberat 0,467 gram dituntut rehabilitasi.Tuntutan tampa pemeriksaan saksi ahli kedokteran tersebut,dibacakan jaksa Iwan SH ( kejari jakbar red ) dihadapan ketua majelis hakim,Musari SH pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (23/11/2011 ."Menuntut terdakwa,Yamin Akuba telah terbukti bersalah menggunakan sabu tampa ijin,serta dijatuhi 2 tahun rehabilitasi," Ujar jaksa Iwan.Menurut jaksa Iwan diruangan ...

Selanjutnya

Sulawesi Tenggara

Menyapa Masyarakat Sultra, Danrem 143/HO mengadakan Program Dialog Interaktif Lewat Udara

beritaberitadotcom: Untuk lebih memaksimalkan peran serta terhadap masyarakat dalam rangka melakukan terobosan-terobosan yang positif dan memaparkan setiap keberhasilan program-program TNI khususnya kepada masyarakat Sultra, maka dalam hal ini Danrem 143/HO Kolonel CZI Rido Hermawan, M.Sc. akan secara intens mengadakan dialog interaktif di Stasiun Televisi dan Stasiun Radio. Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 143/HO kepada Rekan-rekan Media beberapa waktu lalu tepatnya pada ...

Selanjutnya

NTB

Sekda NTB minta jajarannya untuk terus berinovasi

berita-beritadotcom: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, H. Rosiadi H.Sayuti meminta kepada jajarannya untuk terus melakukan inovasi seiring tuntutan zaman. “Kalau ada inovasi maka dinamika pemerintahan akan selalu berjalan baik dan berkembang,” ujar Rosiadi saat Workshop Layanan Masyarakat melalui Inovasi Daerah, di Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Selasa (14/06). Dikatakan Rosiadi, inovasi pelayanan publik tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat me...

Selanjutnya

NTT

Peringati 16 HAKTP, remaja Biinmafo tulis surat untuk Jokowi

berita-beritadotcom: Dalam rangka meryakan 16 Hari Ant Kekerasan Terhadap Perempuan, Aliansi Remaja Biinmafo (ARBI) yang bernaung di bahwa Institut Hak Asasi Perempuan melakukan beberapa  ranakaian kegiatan untuk menggugah seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah untuk bersama-sama menghapus berbagai tindak kekerasan terhadap perempuan termasuk kekerasan seksual.Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi, melakukan Focus Group Disscussion untuk memetakan potensi kasus kekerasan seksual di Kabupaten ...

Selanjutnya

Kalimantan Tengah

MenPANRB 10 menit temui mahasiswa di Bandara Cilik Riwut

berita-beritadotcom: Bukan hanya keberangkatannya ke Palangkaraya yang mengalami perubahan jadwal, Jumat (1/4) Sesaat menjelang bertolak keberangkatannya ke Jakarta Sabtu (18/4) pagi, Menteri PANRB Yuddy Chirsnandi juga nyaris tertunda. Sesuai rencana awal, Yuddy berangkat ke Ibukota Kalimantan Tengah dengan menumpang pesawat pukul 05.45 dari bandara Soekarno Hatta. Tapi jadwal itu berubah, karena Menteri harus menghadiri pelantikan Kapolri di Istana Merdeka terlebih ...

Selanjutnya

Sumatera Barat

Izin PT TMAM Jasa Pengelolaan Objek Wisata Rimbo Panti diragukan

beritaberitadotcom: Belum memiliki izin yang sah dan jelas, pengelolaan tempat wisata alam Rimbo Panti yang berada di Kecamatan Panti akhirnya menimbulkan riak di tengah masyarakat setempat.Para niniak mamak dan masyarakat di Kecamatan Panti merasa dipermainkan oleh pemangku kepentingan atas adanya investor yakni PT. Tampuak Tangkai Alam Minangkabau (TTAM).Atas dasar itu, pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasaman bersama Dinas Pemuda ...

Selanjutnya

Jawa Tengah

BKN persingkat layanan kepegawaian di Jawa Tengah

berita-beritadotcom : Badan Kepegawaian Negara (BKN) meresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Semarang (Rabu, 10/8) untuk mempercepat alur layanan kepegawaian di Provinsi Jawa Tengah. UPT ini berlokasi di Eks Gedung Samsat Online Provinsi Jawa Tengah, Jalan Soekarno-Hatta Km.29, Bergas, Kabupaten Semarang. Peresmian dilakukan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. UPT Semarang merupakan salah satu dari 9 UPT ...

Selanjutnya

Yogyakarta

Ke Gunungkidul, Menteri Yuddy dorong deplikasi inovasi pelayanan publik

berita–beritadotcom: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Kidul, Selasa (19/04). Salah satu kabupaten di Provinsi DIY ini menempatkan dua inovasi ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2016, yakni Klinik Konsultasi Agribisnis (KKA) oleh Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) dan One Stop Service Toilet (OSST) di SMKN 3 ...

Selanjutnya

Aceh

Simulasi CAT CPNS di Aceh

berita-beritadotcom : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali akan menggelar sosialisasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem computer assisted test (CAT). Kali ini pelaksanaannya akan dilakukan di Universitas Syah Kuala Banda Aceh, pada  Senin, 18 Agustus 2014.c Simulasi CAT ini dilaksanakan atas permintaan dari masyarakat di daerah tersebut, agar calon pelamar CPNS lebih siap dalam ...

Selanjutnya

Sumatera Utara

Mahasiswa USU berhasil ciptakan mobil listrik

News image

berita-beritadotcom: Salah satu karya mobil listrik berasal dari Mahasiswa Departemen Teknik Elektro USU yang tergabung dalam Tim Asatama USU. Berawal dari seorang mahasiswa yang ingin mempraktekkan ilmu yang dia dapat di bangku perkuliahan dalam kehidupan sehari-hari ternyata membuahkan hasil dan dapat menginspirasikan teman-temannya yang lain untuk sama-sama bergabung untuk menciptakan suatu karya yaitu mobil listrik yang hemat energi.Karya pertama dari As...

Selanjutnya

Riau

78 prajurit TNI bergeser ke lokasi kebakaran di Dumai

News image

berita-beritadotcom (Pekanbaru, Riau): Komandan Satgas Penanggulangan Bencana (Dansatgas PB) Asap Riau yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Korem 031/WB, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan pergeseran pasukan guna membantu pasukan TNI yang sudah ada, dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Dumai dan sekitarnya. Menurut Dansatgas PB Asap Riau, pergeseran 78 Prajurit TNI adalah untuk memperkuat pasukan TN...

Selanjutnya

Jambi

2.500 hektar areal tanaman padi di Jambi telah diasuransikan ke JASINDO

berita-beritadotcom: Program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), yang diluncurkan oleh Pemerintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (Jokowi-JK), yang dicanangkan dan dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan menunjuk salah satu asuransi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) terkemuka milik pemerintah, yakni PT Asuransi Jasa Indonesia Persero (JASINDO) di daerah terutama di Provinsi Jambi khususnya, sejak aw...

Selanjutnya

Sumatera Selatan

Panglima TNI tanam jagung dan kedelai perdana di Sumsel

News image

berita-beritadotcom (Palembang, Sumatera Selatan): “Bersama rakyat TNI kuat sebagaimana kebersamaan di masa perjuangan kemerdekaan. Untuk itu, TNI dan petani harus terus bekerjasama di lapangan bagi kepentingan rakyat seperti halnya kerjasama pengembangan pertanian jagung dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional”, demikian sepenggal sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pada acara tanam jagung dan kedelai perdana di Desa Pulau Kabel Kab. Ogan Il...

Selanjutnya

Bengkulu

Kejagung Pertimbangkan Banding Atas Putusan Bebas Gubernur Bengkulu

berita2.com (Jakarta): Kejaksaan Agung tengah mempertimbangkan pengajuan kasasi terhadap putusan bebas Gubernur Bengkulu (non aktif) Agusrin M Najamuddin oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.“Tentunya, sesuai  ketentuan upaya hukum itu akan kita pertimbangkan. Sekarang, kita tunggu dulu salinan putusan dan lalu ditentukan sikap,” kata Kapuspenkum Noor Rachmad menangapi putusan bebas perkara korupsi kas daerah Pemprov Bengkulu, Rabu 25 Mei 2011Menurut Noor, sesuai ...

Selanjutnya

Lampung

Korem 043/Gatam Serahkan Senjata Api Ilegal ke Polda Lampung

News image

berita-beritadotcom: Komando Resort Militer (Korem) 043/Garuda hitam (Gatam) Lampung yang diwakili oleh Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Joko P. Putranto, M.Sc menyerahkan 131 pucuk senjata api ilegal yang didapat dari penyerahan sukarela masyarakat di Provinsi Lampung kepada Kepolisian Daerah (Polda) Lampung yang diterima secara langsung oleh Kapolda Lampung Brigjen Pol Edwardsyah Pernong, di ruang loby Polda Lampung, Rabu (2/12/2015). Penyerahan senjata ap...

Selanjutnya

Kep. Bangka Belitung

Curi bensin, ABG dihajar massa

News image

berita-beritadotcom: Pria berinisial ML (13) kepergok saat mencuri sebuah satu jerigen bensin berisi lima liter, satu teh pucuk dan satu pulpy orange milik toko kelontong Amri (36), Selasa (19/5/2015) dinihari. Akibatnya, sekujur tubuh ABG tersebut babak belur digebukin massa.Peristiwa itu berawal saat Amri sedang tertidur di toko kelontongnya, tiba-tiba tersentak dan melihat bensin, teh pucuk dan puly orangenya sudah tidak ad...

Selanjutnya

Kalimantan Timur

Pertama di Indonesia, Kabupaten Malinau lakukan pemilihan RT serentak

berita-beritadotcom: Senin (30/05/2016) pagi, sejak pukul 07.30 wita, ribuan warga kabupaten Malinau,Kalimantan Utara, warga datang ke tps untuk mengikuti tahapan pemilihan umum 378 ketua rukun tetangga (RT) secara  langsung dan serentak .Pelaksanaan pemilihan umum  yang tersebar di 109 desa yang digelar oleh pemerintah  kabupaten Malinau ini, warga diajak memilih ketua rt yang baru dilingkungan mereka secara rahasia. dengan hanya memilih ...

Selanjutnya

Kep. Riau

Dua anggota TNI di Batam memang lindungi penimbunan BBM

News image

berita-beritadotcom: Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membentuk tim investigasi gabungan kasus bentrok antara dua satuan saat penggerebekan gudang penimbunan BBM di Batam, Kepulauan Riau. Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya dengan didampingi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie, Passuspom Mabes TNI Mayjen TNI Maliki Mift, S.I.P, M.H. selaku Ketua Tim Investigasi, dan Br...

Selanjutnya

Kalimantan Barat

Ini kata Panglima TNI soal kesejahteraan di perbatasan

News image

berita-beritadotcom (Pontianak, Kalimantan Barat): Penanganan kawasan perbatasan tidak cukup dengan pendekatan keamanan, tetapi lebih efektif melalui pendekatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di perbatasan. Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko saat menjadi keynote speaker di seminar nasional yang mengambil tema "Pengelolaan Sumber Daya Alam Dalam Perspektif Ketahanan Nasional" pada Dies Natalis Untan Pontianak ke-55 di Universitas Tanjungpura, Ka...

Selanjutnya

Kalimantan Selatan

4 warga Banjarmasin tewas minum Miras oplosan

News image

berita-beritadotcom (Banjarmasin, Kalimantan Selatan): Korban meninggal dunia akibat menenggak minuman keras (Miras) oplosan di Pasar Batuah Banjarmasin terus bertambah, yakni semula tiga orang dan kini menjadi empat orang. Kepala Kepolisian Polsek Banjarmasin Timur, Kompol Wildan Albert Sik, di Banjarmasin, mengatakan hingga saat ini sudah empat orang yang meninggal dunia akibat minuman keras oplosan itu. Sebelumnya,korban yang dikabarkan tewas akibat minuman keras op...

Selanjutnya

Sulawesi Utara

XL salurkan SMS donasi banjir bagi masyarakat Manado dan Bekasi

berita-beritadotcom (Surabaya, Jawa Timur): Banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia pada awal 2014 telah membangkitkan kepedulian masyarakat luas, termasuk pelanggan XL. Melalui program SMS Donasi yang dibuka pada 17-31 Januari, telah terkumpul Rp. 278,130 juta yang telah disalurkan kepada korban banjir di sejumlah wilayah, antara lain di Manado dan Bekasi. Untuk Manado, donasi ini untuk perbaikan infrastruktur dan fasilitas ...

Selanjutnya

Sulawesi Tengah

Kasal gendong Balita, masyarakat Palu rindukan TNI AL

News image

berita-beritadotcom (Palu, Sulawesi Tengah):  Baru saja dua hari usai  digelarnya puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) 2013 di Anjungan Pantai Talise, tak sedikit masyarakat Palu yang terlihat bergerombol di beberapa sudut jalan yang berada di sepanjang Pantai Talise, Palu, Sulteng, sembari  mengelu-elukan Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio, maupun para prajurit TNI Angkatan Laut yang telah sukses dalam me...

Selanjutnya

Sulawesi Selatan

Jumat ini simulasi CAT di Unhas Makassar

berita-beritadotcom : Putaran kelima simulasi computer assisted test (CAT) akan dilakukan Kementerian PANRB di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat ini (18/7/2014). Kegiatan ini merupakan bagian dari rencana strategis pemerintah yang akan menyelenggarakan tes kompetensi dasar (TKD) Aparatur Sipil Negara, khususnya CPNS dengan sistem CAT.Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto, untuk memberikan penjelasan terkait dengan seleksi ...

Selanjutnya

Sulawesi Barat

China Investasi Rp 1,2 Triliun di Sulawesi Barat

berita2.com (Mamuju, Sulawesi Barat): Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sulawesi Barat, Harry Warganegara mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar dan BUMD Sulbar telah menandatangani kerja sama dengan investor China PT China Geogchoubou Group Company (CGGC).Ia mengatakan, di bawah kesepakatan itu PT CGGC bersedia mengucurkan dana sekitar Rp22 triliun untuk pembangunan tiga mega proyek infrastruktur di Sulawesi Barat di mana provinsi ...

Selanjutnya

Maluku

Penipuan CPNS di Maluku terbongkar

berita-beritadotcom : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa sampai saat ini pemerintah belum mengeluarkan surat resmi mengenai rencana ataupun jadwal rekruitmen CPNS. Masyarakat diminta tidak mempercayai informasi menyesatkan yang beredar, yang diyakini merupakan penipuan.   Adanya informasi terkait penjadwalan penerimaan CPNS tahun 2016 yang beredar di sejumlah media massa, baik cetak, online maupun media sosial, merupakan ...

Selanjutnya

Maluku Utara

Penculik Yudastira diamuk masa

berita-beritadotcom (Ternate, Maluku Utara): Seorang pria yang diketahui bernama Djamal Aziz, warga Desa Bajo Laluin, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, pada Sabtu (1/2/2014) dihakimi warga Kelurahan Kayu Merah. Ia dituding sedang berupaya menculik seorang bocah bernama Yudastira (2,8), warga RT. 01 RW. 03, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Kota Ternate Selatan. Demikian disiarkan Divisi Humas PolriPeristiwa bermula saat ibu korban melihat ...

Selanjutnya

Papua

Yonif 406/CK Pasang Patok Perbatasan RI-PNG

berita-beritadotcom: Prajurit TNI yang tergabung dalam Batalyon Infantri 406/CK  mendapatkan kepercayaan melaksanakan tugas Pengamanan perbatasan  RI-PNG di sektor utara wilayah Distrik Senggi Provinsi Papua. Satgas Yonif 406/CK memiliki tanggung jawab memasang patok batas RI-PNG sejumlah 13 patok mulai dari MM 4.3 s.d 7.2. diantara ketiga belas patok tersebut baru terpatroli 4 patok oleh Satgas yang lama yaitu Patok MM 4.3, Patok ...

Selanjutnya

Papua Barat

Panglima TNI sidak Batalyon Infanteri 752 Papua Barat

News image

berita-beritadotcom: Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Asintel Panglima TNI Laksda TNI Amri Husaini, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiharta, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya dan Danrem Sorong Brigjen TNI Djoko Subandrio melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Batalyon Infanteri (Yonif) 752/Vira Yudha Sakti ya...

Selanjutnya

Berita Terkait